Tuesday, November 19, 2019

Selamat Tinggal, Likes!

Dok. Google

Beberapa waktu yang lalu Instagram telah melakukan uji coba menghilangkan fitur likes pada Instagram secara resmi di beberapa negara Eropa seperti Kanada, Irlandia, Australia, Jepang, Brazil, Selandia Baru, dan AS. Kini uji coba itu sedang diberlakukan secara global di seluruh dunia, salah satunya yaitu Indonesia. 

Hilangnya fitur ini pada Instagram, kualitas foto atau video yang diunggah tidak lagi bergantung pada jumlah likes. Sehingga kita sebagai pengguna Instagram sudah tidak bisa lagi melihat jumlah likes atau view pada unggahan milik pengguna lain. Namun jangan khawatir, karena fitur ini hanya berlaku bagi pengguna yang melihat dan tidak berlaku pada pengguna pribadi Instagram itu sendiri.

Menurut Adam Mosseri selaku bos Instagram, para pengguna Instagram dapat dengan nyaman dan tidak lagi tertekan dengan jumlah likes serta dengan bebas berekspresi mengunggah foto dan video tanpa mengkhawatirkan jumlah likes pada foto atau video yang mereka unggah/bagikan. Mosseri juga berharap para pengguna lebih berfokus pada hal - hal (konten) yang mereka unggah. 

Tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada bisnis selebgram dan influencer, karena adanya fitur likes merupakan salah satu komponen utama untuk membangun dan memasarkan produk mereka. Namun dengan hilangnya fitur ini, secara tidak langsung Instagram akan mendorong mereka lebih dalam untuk mengolah data dari insight yang telah disediakan. Data insight tersebut berupa demografi pengikut, preferensi influencer, dan peforma kampanye yang sudah mereka lakukan.

Selain itu dengan menghilangnya fitur likes Instagram ini akan mendorong content creator supaya lebih kreatif dalam menciptakan dan mengembangkan konten yang berkualitas untuk meningkatkan daya tarik followers dalam memasarkan produk mereka.

Beberapa kalangan juga menilai hal ini baik bagi kesehatan mental di sosial media dan juga didukung oleh sebagian selebriti seperti Kim Kardashian. 


(Daniar)

No comments:
Write komentar