Sunday, September 08, 2019

Solusi Ramah Lingkungan Politeknik APP Jakarta Mendukung Program Zero Wasting.

Kontak – Penggalakan mengenai isu ramah lingkungan sudah dipublikasi secara masif pada saat ini. Kebijakan terbaru yang dilakukan Politeknik APP Jakarta ialah dengan pengadaan galon di beberapa titik lokasi gedung B - C Politeknik APP Jakarta. Hal ini mendapat banyak sorotan dari sivitas akademika Politeknik APP Jakarta. Apakah kebijakan ini memang akan berdampak baik bagi lingkungan dan kesejahteraan sivitas akademika Politeknik APP Jakarta atau sebaliknya.

“Kita memang ingin mengurangi sampah plastik, langkah yang bisa dilakukan karena sumber sampah terbesar kita adalah botol kemasan yang dosen pakai untuk mengajar. Dulu tuh sejarahnya menyediakan minuman untuk dosen dengan gelas akan tetapi hal itu cukup menyulitkan karena harus dicuci dan kita kesulitan mengontrol orang yang mencuci, boros air, sabun, dll.” Tutur Pak Joko selaku Tata Usaha Politeknik APP Jakarta. Tujuan untuk mengurangi sampah plastik menjadi hal yang mendasari pengadaan galon.

Dok. Pers Kontak

Pelaksanaan kebijakan ini dimulai sejak kegiatan PKKMB Politeknik APP Jakarta 2019. Mahasiswa baru angkatan 2019 Politeknik APP Jakarta diberikan botol minuman sehingga dapat melakukan pengisian ulang.  ”Momennya diambil pas Pengenalan Kehidupan Kampus, agar kegiatan kita dapat mengurangi sampah. Kemudian dibandingkan pengeluaran dengan pembelian air mineral gelas dengan botol minuman ya beda-beda dikit lah”. Ungkap Pak Joko saat diwawancarai.

“Ya itu sih bagus - bagus aja kan kita juga nikmatin karena merasa itu sudah menjadi tanggung jawab” Tanggapan salah satu Teknisi Politeknik APP Jakarta. Perawatan dan pengisian ulang menjadi tanggungjawab teknisi Politeknik APP Jakarta untuk mendukung kebijakan tersebut. Kemudahan dan fasilitas untuk teknisi untuk melakukan pengisian ulang galon juga harus diperhatikan.

Terdapat respon positif dari Mahasiswa Politeknik APP Jakarta angkatan 2019 mengenai pengadaan fasilitas galon di Politeknik APP Jakarta "bagus, bagus banget itu berfungsi banget buat ngurangin sampah plastik, buat irit beli beli air." Menjadi lebih terjangkau ketika haus, apalagi dengan tutupnya koperasi sehingga mahasiswa tidak harus jalan kedepan kampus untuk membeli air minum.


(Asthoni)

No comments:
Write komentar