Thursday, August 02, 2018

Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) Salahi Aturan RISTEKDIKTI

sumber : instagram cdc.poltekapp

PKK Aturan Baru

     Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) sudah berlangsung selama tiga tahun, terhitung mulai dari tahun 2015 hingga 2017.

       Kegiatan PKK bertujuan untuk memperkenalkan sistem dunia kampus, mendidik karakter serta tidak luput bertajuk bela negara bagi peserta didik baru.

     Selain itu, PKK diwajibkan bagi mahasiswa baru untuk mendapat sertifikat dan menjadi salah satu syarat kelulusan di Kampus Politeknik APP Jakarta.

  Kegiatan PKK dimulai dari tanggal 2 - 4 Agustus 2018 kamis s/d Sabtu, selanjutnya diselenggarakan kembali “Pelatihan dasar kejuangan dan cinta tanah air” pada tanggal 11 - 12 Agustus Sabtu s/d Minggu.

      Secara keseluruhan kegiatan PKK yang dilaksanakan oleh pihak kampus Politeknik APP Jakarta berlangsung selama 5 hari. (Sumber : Baak.poltekapp.ac.id)

      Kegiatan PKK tahun ini berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya.

     Hal tersebut dapat dilihat dari seluruh konsep acara yang dipersiapkan oleh pihak akademik, mulai dari tempat sampai dengan biaya untuk keikutsertaan dalam kegiatan PKK. 

    ”Kalau dilihat dalam PKK aturannya terkait dengan materi bela negara, nah itu kalau selama ini dibawa dikampus paling ngomong ngomong doang selama 1 jam, kalau disana ada harapannya ada fasilitas yang digunakan”, ujar Adrianto selaku Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan. (11/07)

     Pembantu Direktur III menjelaskan bahwa pelatihan bela negara bertempat di markas KOPASKHAS Halim Perdana Kusuma.

     "Kalau dilihat dalam PKK atau fasilitas yang punya ilmu bela negara disana, kemarin waktu ada mayor beliau datang mereka juga tidur tidur aja, harapan nya yaudah kesana ajalah" Lanjut Andrianto.

       Kampus Politeknik APP Jakarta sudah menyalahi aturan mengenai tempat dan hari yang akan dilakukan.

     Berpacu pada Surat Keputusan yang telah dikeluarkan oleh Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) pada BAB IV Pelaksanaan pada point 2 “Tempat penyelengaraan adalah di lingkungan kampus perguruan tinggi” dan pada point 3 Waktu “Kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dimulai pada pagi hari pukul 07:00 dan berakhir pada sore hari pukul 17:00”.


PKKMB Lingkungan Kampus

      Mahasiswa juga banyak mempertanyakan kejelasan acara besar bagi mahasiswa baru dengan korelasinya mengenai keberadaan tempat yang bukan dikampus.

     “Apa tujuan nya? Kampus kita juga kan bukan semi militer”, ujar Fauzan salah satu mahasiswa aktif Politeknik APP Jakarta.

      Salah satu Kampus yang juga dinaungi oleh Kementerian Perindustrian yaitu Politeknik STMI telah memberikan informasi bahwa tidak pernah mengadakan kegiatan PKK diluar lingkungan kampus.

     "Belom pernah sih dari yang saya tau" ujar Tomy mahasiswa politeknik STMI saat diwawancarai reporter KONTAK. (11/07)

    Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) bahkan memberikan informasi mengenai kegiatan PKKMB bahwa tidak pernah melakukan kegiatan diluar lingkungan kampus.

     "Semenjak jadi negeri dan ganti nama jadi PKKMB, jadi gak ada kegiatan diluar kampus”, ujar Deden mahasiswa jurusan Sistem Informasi. (31/07)

      Instansi kampus sudah semestinya menjadi tolak ukur kegiatan yang baik dan memberikan konsep yang matang serta tidak bertentangan dengan surat keputusan yang telah ditentukan oleh RISTEKDIKTI dengan begitu acara akan berjalan lancar. (Chairul)

No comments:
Write komentar